Surat Ijin Penelitian

Ternyata penelitian yang dilakukan di lain provinsi itu sedikit ribet. Surat perijinan harus diurus ke Bakesbangpolinmas provinsi bersangkutan. Tapi itu prosedur yang memang harus ditaati.

Buat yang bingung ngurusnya, saya share ya… mesti gimana dan kemana kalau ngurus.

Berhubung tempat penelitian saya berlokasi di Cilacap, saya mesti ngurus ke kantor Gubernur (Bangpolinmas) Jateng di Semarang. Lokasi kantor beda dengan kantor Gubernur ya… walaupun surat pengantar dari Kesbanglinmas Jogja ditujukan pada Gubernur Jateng UP. Kesbangpolinmas Jateng.

Alamatnya ada di Jalan A. Yani 160. Saat terima surat dari Banglinmas Jogja agak bingung coz alamat kantor yang dituju di Semarang tidak tertulis lengkap. Bahkan saat bertanya sama pegawai di kantor Jogja, pada nggak ngerti dimana, hanya menjawab mungkin dikantor Gubernur.

Saya bersyukur punya teman yang belom lama ini mengurus surat yang sama. Berbekal sebuah Alamat by SMS, yang pertama saya lakukan adalah sampai di Simpang Lima Semarang. Tepat di depan Matahari naik angkot c8. Lalu di perempatan lampu meran pertama turun, jalan ke kekiri, nyebrang jalan masuk ke kantor yg di perempatan.

Saya ikuti saran tersebut dooong… yang bikin saya agak heran nih. Ngapain mesti naik angkot c8 kalau jaraknya paling 300m. Jadi buat temen-temen yang bakal ngurus kesana, saya saranin mending jalan kaki aja sekalian olah raga.

Oiya, pegawai dikantor Bakesbangpolinmas Semarang itu ramah dan kerjanya cepat. Saya acungin jempol deh… Nggak pake lama, 10 menit udah jadi. Beda saat saya ngurus di Jogja, mohon maaf kalau ada yang tersinggung (PEACE MAN… )ย  karena di sini suratnya mesti menginap 1 malam, tergantung pak kepala ada ditempat atau tidak. Sempat ngobrol sama pegawai di Semarang, beliau bilang… kalau bisa dipercepat kenapa mesti diperlambat, kan kasihan kalau harus nunggu lama-lama. Tanda tangan kepala di scan saja, yang penting data-data yang masuk akurat (persyaratan yang diperlukan dipenuhi) gitu…

ini Kantornya Jl. A. Yani 160

ini Kantornya Jl. A. Yani 160

*)ย  Untuk yang mau ngurus ijin penelitioan, semoga bermanfaat… ๐Ÿ™‚

Jogja Akhir Sept 2010

Lina Sophy

Iklan

45 thoughts on “Surat Ijin Penelitian

  1. Mba Lina,
    Thx tulisan pendek ini sangat bermanfaat bagi ku yg akan penelitian
    btw bisa minta kontaknya, ku juga punya penelitian di Cilacap gitu..
    pastinya pengalaman mu akan bberguna sekali bagi ku
    thx banget
    salam kenal

    sulis

      • mba…saya mau tanya…kalau perijinan dari jogja tembusannya Up. Kepala BPMD Prov. Jateng …bukannya Up. Kesbanglinmas Semarang(Prov.Jateng), itu maksudnya benar atau salah ya…
        saya dapatnya seperti itu dari Kesbanglinmas Jogja.
        padahal mau penelitian ke salah satu daerah di prov. jawa tengah.

        saya agak bingung….

  2. Ass.Mb lina tx banget infonya. saat ini saya sdg bingung juga untuk ngurus srt ijin penelitian yang kebetulan berbalik arah dgn mb lina kalau sy dr jateng ingin meneliti ke jogja dan itu pengantarnya salah terus dan ditolak ternyata dari unv hrs ke jateng dl u pengantar ke jogja nah alamat yg dijateng itu ygsy ndak tahu br stlh buka2 web akhirnya tahu alamatnya u wily jateng… tx very much

  3. Selamat siang, mbak lina.
    Saya mau tanya buat minta surat perijinan k kesbangpolinmas itu syarat2ny apa saja y? apa hrus smpai k tgkt provinsi ky mbak? cz mgkin sya perlu mengurus jg buat tugas akhir saya..sblmnx trimakasih ๐Ÿ™‚

  4. mbak lina,saya mau tanya..
    saya sekarang akan penelitian di jogja..
    nah saya mau tana alamat kesbangpolinmas kota yogyakarta mbak??
    saya sendiri dr jateng dan akan penelitian di jogja..
    mohon dibalas mbak.terima kasih

    • Kantor Badan Kesbanglinmas Pr ovinsi DI Yogyakarta
      Jl . Jend. Sudirman 5, Yogyakarta 55233 โ€“ INDONESIA
      Telefon/Faksimili : (027 4) 551136, 551137

      maaf baru sempat buka blog, semoga penelitiannya sukses ya… ๐Ÿ™‚

  5. Maaf mbak, apa alamat kesbangpolinmas semarang itu benar di jalan A. Yani no. 160 semarang? Karena saya mendapat alamat yang berbeda dan saya juga akan mengurus ijin penelitian ke sana.

  6. assalamualaikum… mba lina, blognya bermanfaat sekali.. info yang bagus,,
    saya mw tanya mba, kan saya sedang penelitian tsunami di pantai glagah kulonprogo, kabupaten kulonprogo mba, saya mw mengajukan beberapa surat permohonan data ke BPS, BPN, n BAPEDDA yang gunanya untuk Peta Landuse, atau tata guna lahan. Nah katanya prosedurnya itu melalui kesbangpolinmas terlebih dahulu, setelh itu baru dibuatkan surat ke badan-badan tersebut, apakah memang seperti itu?? kalo seandainya memang, saya mw tau saya harus ke kesbangpolinmas pusat (Yogya) apa kesbangpolinmas kabupaten . tapi saya tidak tau apakah di kesbangpolinmas juga ada di kabupaten ya?? kalo memang mohon alamatnya mba lina..
    makasi atas bantuannyaa….
    reply ke alamat email saya saja
    arsi.kartikasari@yahoo.com

    • Wa’alaikumsalam wr. wb.

      Kantor Badan Kesbanglinmas Provinsi DI Yogyakarta
      Jl . Jend. Sudirman 5, Yogyakarta 55233 โ€“ INDONESIA
      Telefon/Faksimili : (027 4) 551136, 551137

      ah si mba Arsi, tuh ada juga dibalasan komentar diatas… kurang teliti bacanya. Tapi gpp deh… Mba Arsi ini kuliah di Jogja atau propinsi mana? Kalau dijogja… ngurus suratnya nggak ke kantor Badan kesbanglinmas, bawa bekal pengantar dari kampus dan proposal pergi ke bagian urusan penelitian di kepatihan, nanti dari sana kan dapat rujukan mesti kemana lagi, setiap kabupaten pasti ada banglinmas-nya.

      Lalu jika mba dari lain propinsi, sama juga prosedurnya. Mba ngurus pengantar dari kampus terus ngurus ke kantor banglinmas provinsi setempat, nanti kan dapat rujukan mesti kemana. Sepertinya agak ribet ya? tapi itu yang mesti kita taati… dibawa santai aja…

      selamat bekerja untuk penelitiannya, sukses ya… ๐Ÿ™‚

  7. Mbak Lina, maaf mb mau tanya…
    Alamat kesbangpolinmas Prov. Jogja itu yang dekat kator gubernur atau bukan ya?
    Mohon dibalas y mb…
    Makasi mb,,,,

  8. Mbak mau tnya.
    Sya dari semarang mau penelitian ke jogja daerah bantul kususnya.
    Tp di suruh urus surat ini itu sana sini.
    Mskipun sudh di jelaskan tp sya msh blm paham urutan2nya. Krna saking byak nya.
    Klo boleh sya mnta info urutan2nya.
    Thx

    • hehehe… mba Devi dapet pengantar kan dari Fakultas, bawa ke Kesbangpolinmas Semarang, yg di A.Yani itu… lalu bawa ke Jogja

      Kantor Badan Kesbanglinmas Pr ovinsi DI Yogyakarta
      Jl . Jend. Sudirman 5, Yogyakarta 55233 โ€“ INDONESIA
      Telefon/Faksimili : (027 4) 551136, 551137

      nanti dari kantor Jogja ada pengantarnya lagi, mungkin ke Kabupaten yang dituju…
      selamat melakukan penelitian ya… semangat ๐Ÿ™‚

  9. sama mbak..aku juga penelitian dari jogja ke jateng..tadi barusan ngurus ke bakesbangpolinmas semarang dan di sana jadinya cepet banget…10 menit beres…kalo di jogja ngantrinya panjaaaaaannggg bgt…sampe bapak2 yg di sana bilang “mbak kalo di sini cepet gak kaya dit4 lain”…senengnya gak harus nunggu lama2…
    btw nice info mba lina ๐Ÿ˜€

  10. aslm mbak lina…mksh bnyk ya mbk, infonya…..bermanfaat sekali untuk sya yg mau ngrus surat ijin pnltian k lintas provinsi, provinsi jogja mbak…sangat terbantu sekali.
    makasih mbak

  11. salam. makasih infonya, ane juga mau pnlitian di kebumen.
    klo sekrg administrasi di kntr gubernur jogja dah cepet. cuma 10-15 menit an tergntng antrian. plg gk da pningkatan lah

  12. mbak saya juga lagi penelitian skripsi tentang ukm, saya heran mbak mau minta data ukm yg seharusnya ke disperindag malah suruh ke kesbanglinmas & bappeda..prosedurnya ribet banget & menurut saya agak aneh

  13. mbak lina mohon infonya:)
    saya kan kuliah di undip smrang mau pnelitian di magelang apa sama prosesnya? dari kesbangpolinmas jl ahmad yani itu? kok dari dosen saya dsuru ke kesbangpolinmas provinsi trus ke kesbangpolinmas kota semarang jg mbak? mohon pencerahannya ya mbak lina yg baik hati ๐Ÿ˜€

  14. mba, terima kasih sekali lowh infonya, saya sempat baca- baca tulisan Mba untuk gambaran urus izin penelitan di Semarang :).

    pekan lalu (22 Sept’14) saya juga habis mengurus izin penelitian di kota semarang. Saya dari Depok, Jawa Barat. Jadi proses izinnya lumayan panjang tahapannya. Haha

    Dari Kesbangpol Depok ke Kesbangpol Bandung (Prov.Jabar) terus ke Kesbangpol Jateng (sekarang gak perlu ke Jl. Ahmad Yani itu, tapi ke kantor Badan Penanaman Modal Daerah UP-PTSD Jl. Mgr Soegiopranoto No.1 Semarang, 50131. Telp 3563069. Di UP-PTSD ini nanti bilang saja mau ke bagian Kesbangpol :)). Setelah dr Kesbangpol Jateng, meneruskan lagi surat ke Kesbangpol Semarang di lt.6 Gd. Pandanaran (gedung berwarna biru di depan Tugu Pemuda, sekitar 5 menit dari kantor UP-PTSD, bisa ditempuh jalan kaki) ๐Ÿ™‚

    Seperti yang sudah di share oleh Mba- mba dan mas- mas sekalian, mengurus izin di Semarang cepat dan petugasnya ramah- ramah. D’best banget ๐Ÿ™‚

  15. halo, saya Belly… Mba Lina, saya mau tanya soal permohonan data saja. bukan penelitian ke lapangan di semarang. apakah prosedurnya sama? apakah sama juga apabila lintas provinsi harus melalui kesbangpol provinsi? trims

  16. yang nyebelin itu kalo pas ngurus izin penelitian dari kampus sendiri aja susahnya minta ampun. Alhamdulillah kampus saya nggak ribet ngurus surat-suratnya, meskipun level departemen. Kalo level kampus, ngurus di rektorat misal, suka melelahkan. Hiks

  17. mbak saya mau tanya saya kan sudah upload syarat dan ketentuan perizinan penelitian tapi di tolak.. apakah saya harus datang langsung ke kantor kesbangpol semarang.. ngomong2 saya dari jogja mbak mohon wangsit nya mbak .. bingung niihhh

  18. mbak saya sedikit masih bingung nih, mungkin ada yg bisa ngasih jawaban.
    jadi gini, kan saya kuliah di Solo (Jawa Tengah), lokasi skripsi saya di daerah Mejayan/Saradan itu di Kabupaten Madiun (Jawa Timur).
    itu saya harus ngurus surat apa aja ya?
    sempet baca-baca kalo kesbangpol jawa timur itu di sby, apa saya juga harus ke sby?
    makasih banyak yg mau ngasih pencerahan buat saya ^^

    • Duh neng Annisa, saya kurang paham kalau lain provinsi, coba cari info teman yg penelitian di Jatim, atau cari info kab Madiun, sebelum ke sana harus kemana dulu gitu yaaa… Sukses untuk penelitiannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s