Nglanggeran Weekend Kemarin

Sejak dulu, tiap kali anak-anak canting bertualang… emm, aku sih ngerasa biasa saja, nggak pengen ikutan. Alasannya Takut Capek! huahaha… Payah! Emang!

Mau susur pantai, mau canyoning, mau naik gunung. Enggak ahh. Masih berat untuk ninggalin aktifitas tidur berselimut dari pada capek-capek di luar sono. Sekali lagi. Payah banget! Biarin!

Dan sayangnya anak canting nggak ada yang berhobi sama dengan kegiatan outdoor favoritku alias nongkrong dipinggir kolam atau kali atau laut megangin joran. Kalian payah! Hahahaha!

Tapiiiiiiiii… sepulang dari cavetubing kalisuci dulu, lewat bukit bintang. Sepertinya seru juga. Kapan-kapan Nglanggeran boleh juga di coba. So, pas ada rencana pengalihan camping untuk merayakan canting yang ke-2 dengan semangat kukatakan NGANGGERAN. Plis deh… nggak usah lebay, Nglanggeran bukan gunung, tapi bukit, bekas gunung. Haha!

Mulai searching di google. Jadi Nglanggeran itu adalah bekas gunung api jaman purba. Batu-batu peninggalan segede-gede gunung. Agak ciut nyali tapi nggak apa-apa di coba.

Sabtu, 11 Februari 2012

Sejak pagi sudah semangat nih persiapan mau camping. Mesti ambil pit motor di tempat Baby Ika. Siang harinya di tempat semediku di kaki merapi kok gelap dan mendung. Langsung turun saja dari pada batal. Sampai depan Amplas, hujaaaaaaannn gede. Kasihan deh ibu-ibu warteg tempat aku berteduh. Jemurannya basah semuaaaa, soalnya hujan datang tanpa pertanda.

Depan JEC

Numpang duduk di pos satpam sebelah timur. Ngobrol nggak jelas sambil nunggu anak-anak ngumpul. Dan berdoa semoga di sana tak hujan. Nggak mau bayangin jika camping di sana hujan, kondisi seperti itu sudah cukup aku rasakan jaman sekolah dulu saja ya! Setiap camping pramuka pasti hujan.

Nglanggeran saat senja.

Menangkap Sunset
Menangkap Sunset

Leyeh-leyeh sebelom naik di pos bawah sambil nunggu semua siap. Eh jadi inget, aku masih utang sama ibu koordinator Sash nih belom bayar loket.

Baru 1/10 perjalanan sudah capek begini… apakah kuat? rasanya nafas sudah sangat tersengal-sengal. Mana gerimis, licin, dingin. Mau balik? Huks… Malu deh sama Baby Ika, dengan tangan masih di gendong, yang sesaat sebelomnya baru buka gips dan sempat mau pingsan. Tepat jalan didepanku, kuat, semangat, nggak ngeluh. Malah bawain jas hujanku segala. Lalu di belakang ada Umi tanpa Abi yang heboh ngasih semangat. Ayo mba Lina, bisaaaa! makasih buat kalian yaaaaaa…

Baby Ika n Umi tanpa Abi
Baby Ika n Umi tanpa Abi

Sampai di pos 1. Cantingers “petualang” sudah menyiapkan tenda. Duduk-duduk di batu, sambil menikmati pemandangan lampu kota yang berkelap-kelip. Romantis juga #eaaaa

Saat tiba di pos 1
Saat tiba di pos 1

Aku memilih tidak masuk tenda. Alhamdulillah tidak hujan, bisa ngerumpi sambil leyeh-leyeh menikmati kacang asin dari magetan bekalnya si Izzah sambil nunggu cantingers laki bawa kayu bakar dari bawah.

Saat Api Sudah MenyalaA
Saat Api Sudah Menyala

Yang tidur boleh. Yang ngopi boleh. Yang ngerumpi boleh. Acara ritual akan dimulai tengah malam, dan beberapa teman yang datang nyusul juga mulai menampakkan diri. Kalau sudah ngumpul begini sudah pasti ada sesi curhat berjamaah. Eh enggak juga ding, lebih banyak ngecengin si mas cakil secara dia cantingers ter-Galau malam itu.

Pembukaan acara
Pembukaan acara

Saat Tengah Malam.

Mas Cakil sebagai MC memulai acara ora mutu (yo mutu neng rendah). Eh ini acara ulang tahun ya? hahahaha… Eh nggak terasa udah 2 tahun kita barengan.

Sedikit flashback. 12 Feb 2010, seorang bayi mungil canting kala itu dilahirkan. Aku kangen saat itu…

12/02/2010 23.34 canting baru lahir ^^
12/02/2010 23.34 canting baru lahir ^^

Kalau nggak salah saat itu ada juga mas Wiwit Pray sama teman mas Tosse. Jujur aku kangen dengan kehadiran mas Yo. Kamu lucu lho mas, sueeerrr deh! Kapan-kapan ngumpul lagi tuks mas Yo…

Hari-hari tak lagi sepi. Soalnya kala itu aku sedang menerima hadiah luar biasa juga dari Tuhan. Hadiah apa tuh? pokoknya sangat istimewa. Maaf konsumsi pribadi. Eiiiiiiiiiiittttttt… No Curhat! Hahahahaha! Aku bahagiaaaaa #Ngooooookkkk

Kebersamaan dengan canting ini betul-betul anugrah buat aku. Nongkrong. Keluyuran. Nggak Jelas. Memang sangat nggak jelas. Apa yang di dapat dari nongkrong tengah malam di 0 km Jogja? Ya nggak ada kecuali senang-senang dan bahagia. Ora Jelas.

Aku kangen yang begini ^^
Aku kangen yang begini ^^

Canting itu senang-senang. Canting itu nggak jelas. Canting itu jalan-jalan. Canting itu suka-suka. Canting itu senyum. Canting itu bermimpi. Canting itu berbagi. Dan canting itu mengubah hal yang buruk tidak menyenangkan menjadi hal yang menyenangkan.

Ultah canting yang pertama, setahun lalu aku nggak ikutan. Jadi no photo. Wong nggak ada akunya kok ngapain di pasang. Hahahahaha! habisnya nggak ikut ngerasain tumpengannya.

Hal terbesar apa yang canting raih? hahahaha. Jadi teringat saat ditanyain wartawan HarJo. Si Mbak wartawan yang ayu itu bingung dengan jawaban-jawaban yang tak jelas.

Back to Nglanggeran.

Acaranya sangat meriaaaaaahhh dan berkelas. Opo iyo? Hahahaha… Seperti tahun-tahun sebelumnya ada penganugrahan kepada cantingers terpilih dalam Canting Award. Opo meneh iki to?

Sash semangat sekali... ini udah mulai penganugrahan yaaa?
Sash semangat sekali... ini udah mulai penganugrahan yaaa?

tengok aja reportase keren dan lengkap cantingers yang lain, soalnya aku bingung kategorinya lupa, hahahaha.

Punya mamake nDemin aka Rina TL :

http://rinatrilestari.wordpress.com/2012/02/13/canting-1000-burung-kertas-dan-1000-mimpi/

Punya Izzah :

http://muda.kompasiana.com/2012/02/13/canting-meniup-lilin-di-puncak-nglanggeran-dan-bakti-sosial-di-dukuh-ripungan/

Punya Sash :

http://ranselhitam.wordpress.com/2012/02/16/banyak-cinta-harapan-kala-mendua/

Selain acara ultah canting di puncak Nglanggeran juga ada acara launching Buku “NDEMIN SAK LAWASE” selamaaaaaattt ya mbak Rina, jangan lupa pada beli bukunya yaaaa… #eh aku nunggu gratisan lho yaaaa, maklum lagi kere hahahaha, tapi takut kena sumpah serapahmu waktu di sono euy, ntar yeee kalau ada rizki pasti beli deh.

Sukses bukunya ya Mak...
Sukses bukunya ya Mak...

Ada juga acara Inagurasi SapuSothil Corp. dari dewan direksinya. Sukses ya untuk mimpi-mimpinya, semoga lekas terwujuuuuudddd…

Acara belom kelar sampai situ… Yang tidur monggo, yang begadang ayoooo…

Rumpian dini hari
Rumpian dini hari

Sampai lepas subuh, setelah cari tempat buang pip. Kami naik mengejar sunrise. Nggak takut soalnya masih gelap. Pokoknya jalan aja ngikutin jalan setapak. Dan sampailah di atas bukit. Daaaaaaaannnn… Lutut mulai gemetaran, Kepala pusing dan berputar-putar, Perut muaaaaal. Bukan hanya masalah tingginya. Tapi lihat sekeliling, semua jurang. Batu-batu besar. Langsung kepikitan tiba-tiba makhluk serupa kadal-kadal raksasa, dinosaurus dan kawan-kawannya datang. Eh di tertawakan, katanya kartuuuuuun banget mbaaaaaa! Huh!

Ngambil gambar ini merayap
Ngambil gambar ini merayap
Sempat Narsis di Puncak
Sempat Narsis di Puncak
di ufuk timur
di ufuk timur
Ayo turun...
Ayo turun...
Berkemas di Pos 1
Berkemas di Pos 1
Canting itu keluarga ^^
Canting itu keluarga ^^

Dan marilah kita turun. Aku takuuuuuuuuuuuuuuttttt… ternyata turun gunung lebih mengerikan dari pada naiknya! Tapi tenang ada pahlawanku… Mas Dedy! tetaplah di depanku, jadi kalau aku kepeleset badanmu yang besar akan menahan, dan jika dirimu terpeleset aku nggak bakal ketimpa. Hehehe… Licik ya? Biarin!

Dedy pahlawanku
Dedy pahlawanku

Dari Nglanggeran meluncur menuju Ripungan. Canting baksos disana bekerja sama dengan PMI Jogja. Keren banget yaaaaa… hahahaha! Maksudnya yang keren PMI.

Masa yg begini keren? Baksos mung turuuuu -_-
Masa yg begini keren? Baksos mung turuuuu -_-

Bubaaaaaaaarrrr!!! Bubaaaaaaaarrrrrr! Ora Mutuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu!!!!

Untuk Canting HBD semoga kebersamaan ini terjaga dan berbuah manfaat untuk kita dan sesama. SemangArt!

Bu Ketz Chentingsari

Feb, 2012

Iklan

14 Comments

    1. sebelum muncul dinosaurus aku memfokuskan pikiran, dalam Chinmi Kungfu Legend kalau ga salah edisi 1 atau 2 atau berapa… dia panjat tebing yang miring, dan dia tetap semangat dan tetap kereeeeennn… jd lupa ama dinosaurusnya deh Sha… 😆

  1. wah… seruuu.. aku pingin banget ngliyuran bareng anak2 canting..
    mb lina hari minggu 19 feb 2012 besok di solo ada solo wayang carnival.. kalo tertarik silahkan datang mb.. aku tunggu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s