Si Thole dan Bapaknya

Tadi sore aku ketemu si Thole dan Bapaknya di warung kelontongan kampung ini
Bapak dan emaknya si thole itu teman kecilku
bapaknya lebih tua dua tahun dariku,
tamatan SMP,
masa remaja dihabiskan untuk belajar jadi kuli bangunan, mbawon, kerja serabutan apa saja meski lebih banyak nganggurnya
kalau emaknya sebaya dan teman sekelasku di SD dulu
lalu cari peruntungan ke Jakarta jadi PRT
si Thole umurnya lima tahun, punya dua adik

karena lama tak berjumpa, seperti biasa
obrolan kita seadanya, tanya kabar yang sedikit basi
sudah jelas terlihat sehat, yang ditanyain “sehat kan?”

aku pun tak lupa berinteraksi dengan si thole
“udah sekolah belom?” si thole tak menjawab, hanya senyum-senyum malu
bapaknya yang menjawab
sambil berapi-api dia berkata
si thole nggak sekolah
nggak mampu biayanya
masa sekolah TK SPPnya dua puluh ribu, itu lebih mahal dari MI ataupun SD
nah kalau di PAUD kayaknya sekolahnya asal-asalan, percuma
jadi nanti saja sekolahnya langsung ke MI atau SD saja
dan masih banyak ocehan lainnya tanpa memberikan waktu barang sedikit untukku menyela

pemilik warung menghitung belanjaan bapaknya thole
ada beli pulsa, beli rokok, beli pakan burung dara peliharaannya yang menghabiskan puluhan ribu rupiah
aku kerut-kerut kening saja,
iyakah, memenuhi hak pendidikan anak benar-benar tak bisa?

*mbawon : Ikut panen padi di sawah orang lain, biasanya upahnya padi dengan perbandingan 1 : 7

Cilacap, Maret 2012

Iklan

9 Comments

  1. hehehhe emang sukanya pada gitu ya? mampu bilang gak mampu. 😀 kayak yang lagi pada demo akhir-akhir ini nih, mbak… nolak kenaikan BBM sambil asyik merokok yang sehari bisa habis sampe dua bungkus, padahal harga per bungkusnya 12ribuan. *kenapa ujung-ujungnya ngomongin demo* 🙄

    1. hahahaha, soal “mampu” itu emang yg kadang bikin geregetan… iya ya? ngapain dirimu ngomongin rokok dan demo? hahahaha… kalau kita mending ngomongin demo masakan untuk girls party kita april besok aja, kira2 kita masak apa untuk anak-anak itu yaaaaaaa? 😆

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s