Saatnya Laos Berbenah Diri

Laos

Laos – Sumber Gambar

Profil Negara Laos

Nama resmi                          : Rep. Demokratik Rakyat Laos

Ibukota                                  :  Vientiane

Luas                                         : ± 236.800 km²

Sistem Pemerintahan       : Republik Partai Satu

Kepala Pemerintahan       : Presiden

Bahasa Resmi                      : Laos (bahasa resmi), Palaungwa, dan Tai

Mata uang                            : Kip

Letak Astronomis              : 14 LU – 22 LU dan 100 BT – 107 BT

Batas Wilayah

Sebelah Barat                     :  Myanmar,  Thailand

Sebelah timur                     : Vietnam

Sebelah utara                     : Republik Rakyat Cina

Sebelah selatan                 : Kamboja

Itulah sekelumit profil salah satu negara di kawasan Asean, Republik Demokratik Rakyat Laos. Sejujurnya saya bingung untuk mengulas Negara ini. Tidak banyak pengetahuan tentangnya yang saya punyai. Seharian ini berusaha mengumpulkan informasi dan mudah-mudahan dapat menyajikannya dengan baik.

Peta Wilayah Laos

Peta Wilayah Laos – Sumber gambar

Negara ini memiliki sebutan kawasan Land-Lock. Yang artinya bahwa wilayah Laos tidak memiliki wilayah kelautan. Keadaan geografis tersebut jika dilihat dari segi pertahanan dan keamanan negara Laos tidak diuntungkan karena rawan bahaya dari serangan atau invasi bangsa lain.

Sejarahnya Laos tidak luput dari penjajahan bangsa barat. Laos merupakan wilayah bekas penjajahan Perancis pada abad ke-19. Pada saat itu Perancis menggabungkan wilayah Vietnam, Laos dan Kamboja dengan nama kawasan Indocina – Perancis. Dan pada saat PD II, Laos jatuh pada penjajahan Jepang. Pasca PD II saat Jepang kalah, Laos memerdekakan diri di Tahun 1949.

Pergolakan politik dalam negeri pasca penjajahan sering sekali terjadi. Hal ini disebabkan karena terdapat tiga ideologi yang ada pada pemerintahan Laos yaitu Komunis, Nasionalis dan Poros tengah. Perbedaan ini sering kali memicu perpecahan dan kudeta. Pada tahun 1975 kelompok komunis dibawah pimpinan Pathet Lao melakukan kudeta mewalan pemerintah. Kemudian Pathet Lao mengganti nama Laos menjadi Republik Demokratik Rakyat Laos yang berideologi komunis.

Laos dalam kancah Asean.

Laos mulai bergabung dengan wilayah Asean pada tanggal 23 Juli 1997 bersama dengan Myanmar. Seperti negara berkembang lainnya, hanya kota-kota besar di Laos yang tumbuh berkembang. Pembangunan infrastruktur diberbagai wilayah masih sangat kurang memadai. Laju pertumbuhan ekonomi juga tidak pesat bahkan paling lambat di antara kawasan lainnya. Salah satu penyebabnya adalah Laos ditinggalkan penduduknya berpendidikan tinggi.

Mulai tahun 2004, Laos mulai membuka diri bekerja sama dengan negara lain. Laos juga melakukan kerjasama dengan Amerika Serikat dalam bidang ekspor-impor. Perekonomian Laos pun mulai membaik. Namun meski demikian Laos belum sepenuhnya dapat memberikan sumbangsih yang besar bagi kerjasama negara-negara Asean.

Kesepakatan negara-negara Asean untuk membentuk kesepakatan Komunitas Asean di tahun 2015, Laos dituntut dapat bekerjasama lebih terbuka. Baik untuk dunia internasional maupun dengan negara-negara Asean lainnya. Hal ini dimaksudkan agar Laos dapat mengejar ketertinggalan dan siap menghadapi tantangan era komunitas Asean.

Jika saya merupakan warga Laos dan berkesempatan memajukan negara ini, ada beberapa hal yang seharusnya saya lakukan. Pertama adalah melihat potensi dari negara Laos ini. Potensi-potensi Laos akan dikelompokan sesuai bidangnya, antara lain:

  • Potensi Alam. Laos memiliki lahan pertanian yang baik karena mempunyai lembah sungai yang subur. Cocok untuk pertanian dan perkebunan. Selain itu juga memiliki bahan tambang seperti emas, perak dan tembaga.
  • Potensi Sosial-Budaya. Laos terdiri dari berbagai macam suku bangsa dan bahasa serta memiliki beberapa bangunan bersejarah seperti candi.
  • Potensi Perdagangandan Industri. Laos memiliki komuditi hasil pertanian, pertambangan dan hasil hutan, seperti beras, kopi, tembakau, emas, perak, hasil kayu dan lain-lain.
  • Potensi Wisata. Laos memiliki banyak sekali potensi wisata seperti keindahan sungai mekong, candi, dan kenampakan alam yang indah lainnya.
Sungai Mekong

Sungai Mekong – Sumber Gambar

Setelah melihat potensi yang dimiliki, kemudian saya akan melihat peluang untuk bisa mengembangkan potensi Laos tersebut. Pembangunan dalam negeri harus dipercepat. Pengolahan dan pengelolaan disemua sektor baik pertanian, sosbud, perdagangan dan wisata dioptimalkan. Selain itu keamanan negara harus ditingkatkan.

Apabila Laos berhasil dalam menata kehidupan bernegaranya, saya yakin Laos siap bersaing menghadapi Komunitas Asean 2015. Kerjasama dengan negara lain khusus negara-negara Asean dalam berbagai bidang seperti pertanian, perdagangan, pertambangan dan pariwisata akan dibuka seluas-luasnya demi kemajuan negara Laos. Untuk itu sudah selayaknya Laos bangkit dan berbenah diri.

Semangat menuju Komunitas Asean 2015.

———————–

Tulisan ini diikutkan dalam lomba #10daysforASEAN hari ke-6 dengan tema “Visi ASEAN 2015 adalah menjadi ASEAN komunitas tunggal, baik di bidang ekonomi mau pun politik. Laos, atau Republik Demokratik Laos, meski sudah bergabung dengan ASEAN sejak tahun 1997, namun baru membuka diri seluas-luasnya dengan negara lain pada tahun 2004, dan melakukan kerjasama di berbagai bidang. Peran Republik Demokratik Laos di ASEAN, bisa dikatakan belum banyak berkontribusi, tenggelam di bawah bayang-bayang negara ASEAN lainnya yang semakin maju. Dengan adanya Komunitas ASEAN, diharapkan Laos menjalin kemitraan yang baik dengan  negara ASEAN lainnya. Jika posisi Anda adalah negara Laos, investasi diplomatik apa yang diharapkan dengan kemitraan yang terjalin dengan dunia internasional, khususnya negara-negara ASEAN.  Tuliskan pendapatmu di blog tentang hal tersebut. Fokus pada peran Laos sebagai anggota Komunitas ASEAN”

#NB : Dirangkum dari berbagai sumber.

lina sophy | 1 September 2013

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s