Es Krim, Homemade Lebih Hemat dan Sehat

Siang semuaaaa…

Btw, hari ini hari apa????? Iyes, hari ini hari goreng pisang goreng pisang goreng pisaaaang. Ini lagunya ipin upin kan? lelucon yang nggak lucu tapi masih sering dipakai omnya Sulthon ngerjain mahasiswa di kampusnya. 

Eh ngapain ngomongin goreng pisang? Soalnya cuaca mendung gerimis seharian ini paling cocok ngemil pisang goreng. Hujannya awet, sampai itu siaran tv ngomongin banjir yang merata di banyak wilayah.

Terus kalau dingin nggak cocok gitu ngomongin es krim? Jawabnya siy cocooookkkk ajah! Nih dari pagi bentar-bentar ngemilin es krim.

Semenjak jadi seorang emak-emak, seolah atau memang seharusnya segala sesuatu harus dipikirkan baik-baik. Apalagi menyangkut yang namanya makanan dan jajanan.

Sebenernya saya sendiri enggak terlalu suka yang namanya cemilan, ini terbukti sama badan yang meski makan banyak tapi tetep langsing. Dan ini menurun pada Sulthon, meski lahap makan tapi tetep aja enggak gemuk. Eh ini ada hubungan sama enggak doyan ngemil atau bawaan gen kurus yak? Ahahaha.

Kalau urusan cemilan untuk Sulthon emang saya cenderung pilih-pilih banget. Jajanan yang enggak sehat dengan rasa gurih-gurih tajem dan manis pake pemanis buatan serta beraneka warna yang mencolok diwarung sebisa mungkin dihindari. 

Tapi sebagai emak-emak yang hidup bersosial agak sulit menghindari semuanya, soalnya emaknya tetep pergi ke warung dan Sulthon ngeliat temen-temennya pada jajan. Mentok ya dikasihnya es krim. 

Soal es krim, yang nyebelin dari Sulthon kalau beli es krim itu nggak cukup 1. Enggak habis sih cuma dijilatin dikit terus belepotan kemana-mana. Kalau udah mblewer-mblewer dan dia belum puas bakal minta lagi.

Sebagai emak yang bijak, mulai deh search aneka resep. Banyak muncul resep es krim yang mudah banget bikinnya. Beberapa kali nyobain resep, sampai nyoba-nyoba modif sendiri disesuain sama bahan yang lebih sehat dan rasa yang sesuai selera.

Ini saya tuliskan resepnya barangkali ada yang mau mencoba. 

  • 500ml susu UHT (ini kalau diganti susu murni lebih bagus ya)
  • Gula pasir 110gr (bisa disesuaikan kemanisannya)
  • Tepung maizena 2 sdm
  • Bubuk vanili secukupnya
  • 1 sdt SP 

Cara buatnya semua bahan direbus kecuali SP sampai meletup-letup. Dinginkan dan masukan freezer sampai setengah beku. Hancurkan dengan sendok/garpu campurkan sp yang di tim terlebih dahulu, bisa ditambahkan pasta atau buah jika ingin es krimnya ada rasanya. Terakhir mixer sampai mengembang dan simpan dalam freezer. Es krim siap dinikmati.

Nah, mudah sekali kaaaan? Selain lebih sehat es krimnya juga jadi banyaaaak, kita bisa lebih berhemat. Dan ada bonusnya pula, makin kreatif didapur maka kita akan semakin disayang sama pacar halal, iya nggak? 

Selamat mencoba…

Iklan

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s